Kamis, 08 Desember 2011

World Extreme-sized Snake (Ular Berukuran Sangat Besar di Dunia)

Reptil yang satu ini umumnya terkenal karena daya bunuh bisanya yang mematikan. Tetapi, bila mengenai masalah ukuran ? Hanya sedikit yang memiliki ukuran besar, termasuk dari jenis boa, phyton atau anaconda. Berikut ini adalah beberapa ular yang memiliki ukuran yang bisa membuat anda berdecak kagum saat anda membaca kata per katanya ! Check this out !
Sucuriju gigante adalah salah satu jenis yang diduga sebagai salah satu jenis anakonda raksasa yang konon hidup di Hutan Amazon. Bila anakonda normal bisa mencapai panjang maksimal 10 atau belasan meter. spesies ini bisa mencapai 4 kalinya yaitu sekitar 40 meter bahkan ada laporan yang menyebutkan ular jenis ini dengan panjang 100 meter lebih ! Dengan diameter sekitar 80 cm dan berat mencapai 5 ton, ular ini bisa menghancurkan sebuah mobil dengan sekali lilit. Konon, menurut legenda penduduk setempat, ular ini adalah pencipta Sungai Amazon, yang ketika hujan lebat pada zaman dahulu, ular-ular ini menciptakan jejak lumpur yang sangat dalam sehingga membentuk aliran Sungai Amazon.

Satu lagi jenis ular raksasa yang berhasil ditemukan adalah Yacumama. Ular ini dipercaya sebagi legenda di masyarakat setempat namun ada beberapa laporan mengenai ditemukannya ular ini. Yacumama sendiri memiliki arti kurang lebih "ibu perairan".

Dan satu lagi ular yang memiliki ukuran raksasa, Titanoboa cerrejonensis. Ular ini adalah genus ular yang hidup sekitar 60 hingga 58 juta tahun yang lalu pada periode Paleosen. Satu-satunya spesies dalam genus ini yang diketahui adalahTitanoboa cerrejonensis, ular terbesar yang pernah ditemuikan. Ilmuwan memperkirakan T. cerrejonensis memiliki panjang 13 m dengan massa lebih dari 1.100 kg, dan memiliki lebar 1 m. Fosil 28 T. cerrejonensis ditemukan di tambang batu bara Cerrejon di Kolombia utara tahun 2009. Foto di samping menunjukkan perbandingan ukuran tulang belakang ular-ular zaman sekarang dibanding dengan fosil Titanoboa cerrejonensis yang berhasil ditemukan.

Untuk fakta-fakta lengkap dan foto-foto menarik lebih lanjut, bisa di search di http://www.google.co.id/atau di website-website yang memuat artikel mengenai halini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar