Kamis, 08 Desember 2011

The Stories Behind the Poker Card Set (Kisah Dibalik Set Kartu Poker)

Permainan poker ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak orang yang sering memainkannya, baik tingkat pro maupun sebatas permainan dikalangn teman-teman. Permainan ini menggunakan kartu  standar berjumlah 52 yang terdiri dari empat jenis gambar : Diamond (wajik), Club (keriting), Heart (hati), dan Spade (sekop). Masing-masing terdiri dari kartu 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K, A. Untuk kartu J, Q, K, masing-masing memiliki gambar yang berbeda, meskipun masih satu jenis. Misalnya gambar untuk K hati dan K sekop pasti berbeda.
Dipercaya, gambar-gambar di kartu ini berdasarkan tokoh-tokoh besar dari zaman dahulu. K sekop dipercaya sebagai Daud, Raja Bani Israil, K keriting dipercaya sebagai Alexander the Great, K hati dipercaya sebagai raja Charlemagne dari Prancis, dan K wajik dipercaya sebagai Julius Caesar dari Romawi. Kalau kita perhatikan setiap K hati pasti terlihat gambar raja yang menusukkan pedang ke bagian kepalanya ? Sejarah ini merujuk kepada kematian raja Charlemagne dengan cara bunuh diri. Selain itu, bila diperhatikan lagi, hanya K wajik yang menghadap ke kiri walaupun semua K wajahnya tampak utuh. Ada yang mengatakan bahwa K wajik mempunyai cacat di wajah bagian kiri sehingga bila dilukis hanya boleh tampak sisi kiri saja.

Selain itu, jumlah kartu ini juga melambangkan perhitungan waktu. Di bawah ini ada beberapa fakta seputar kartu remi :

  • Dalam satu set kartu remi INGGRIS, terdapat 52 kartu yang melambangkan jumlah banyaknya minggu dalam satu tahun.
  • Perhitungan 5 + 2 = 7  yang diartikan sebagai jumlah hari dalam satu minggu.

  • Satu tahun di benua Eropa memiliki 4 musim, dalam kartu remi dilambangkan dalam :
* SEKOP (SPADES) = MUSIM DINGIN
* HATI (HEARTS) = MUSIM GUGUR
* WAJIK (DIAMONDS) = MUSIM SEMI
*KERITING (CLUBS) = MUSIM PANAS
  • Dalam satu lambang, terdapat 13 kartu remi,yang dilambangkan sebagai jumlah minggu dalam satu musim di benua Eropa.
  • Warna merah melambangkan Siang dan Warna hitam melambangkan Malam
  • Angka-angka tiap kartu remi,bila dijumlahkan semua menghasilkan angka 364, yang mendekati jumlah hari dalam satu tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar