Kamis, 08 Desember 2011

6 Important Things in Football (6 Hal Penting dalam Sepakbola)


Saya yakin, hampir semua dari Anda sekalian mengandrungi olahraga yang satu ini.
Sebuah pertandingan seru dalam sepakbola, Real Madrid vs Barcelona
Yap, harus diakui, sepakbola merupakan olahraga yang paling digilai oleh penduduk bumi. Hampir semua orang di dunia menikmati pertandingan yang dimainkan dengan sebelas lawan sebelas yang masing-masing tim diharuskan menceploskan si kulit bundar ke gawang musuh mereka. Banyak partai-partai seru di sepakbola, baik itu antar klub maupun tim nasional. Manusia-manusia di bumi ini menantikan berbagai perhelatan seru. Stadion yang menyelenggarakan pertandingan akbar hampir pasti terisi penuh. Dan televisi yang menyiarkan pertandingan besar akan mendapat rating tertinggi. Begitulah pesona sepakbola, yang sangat seru dan penuh ketegangan, kejutan, momen indah serta drama yang menarik.
Adu penalti, salah satu momen menengangkan dan penuh drama
Di bawah ini, saya akan menjelaskan tentang 6 hal yang super penting dalam kelangsungan sebuah perhelatan sepakbola
1. Pemain

Para pemain timnas Belanda
Masa' main bola gak ada pemainnya? Hahaha. Mereka adalah ksatria lapangan hijau. Mereka berlari, mengejar dan mengolah bola, mencetak gol, atau menjadi benteng pertahanan timnya. Tergantung posisi yang mereka tempati, entah itu kiper, bek, gelandang, maupun striker. Mereka diidolai oleh para penonton karena aksi mereka. Para pemain papan atas dunia mendapat kepopuleran, dan popularitas mereka bisa disejajarkan dengan artis Hoolywood.
2. Pelatih

Sir Alex Ferguson, pelatih Manchester United
Pelatih adalah seseorang yang memegang tim. Mereka memegang tanggung jawab penuh terhadap tim. Para pelatih menyusun strategi untuk menghadapi tim lawan. Talenta-talenta sepakbola yang berlimpah di suatu tim akan menjadi kesia-siaan belaka jika tidak dipoles dengan baik dan dimanfaatkan di dalam strategi dengan benar oleh pelatih. Tetapi, peranan para pelatih tidak semuanya besar. Ada juga klub-klub dimana pihak lain, seperti pemilik klub, ikut campur tangan di dalam sebuah tim. Contoh yang paling mudah adalah Chelsea, dimana urusan dalam tim asal London Barat tersebut yang sedianya diurus para pelatih sering diintervensi oleh owner mereka, Roman Abramovic.

3. Wasit

Markus Merk, wasit asal Jerman
Merekalah "hakim agung" lapangan hijau. Menegakkan peraturan di dalam sebuah pertandingan. Seorang wasit haruslah adil dan tidak memihak. Mereka juga harus tegas membuat keputusan. Tetapi, terkadang wasit salah atau keliru. Seringkali mereka diprotes (bahkan tidak jarang secara keras), dan dijadikan kambing hitam kekalahan suatu tim. Tetapi, keputusan mereka di lapangan tidak bisa diganggu gugat dan diubah. Apa jadinya kalau sebuah pertandingan digelar tanpa kehadirannya?

4. Stadion

Kemegahan dari Stade de France, Perancis
Inilah "Masjid" nya sepakbola. Atau juga "rumah" nya permainan ini. Stadion mampu menampung banyak manusia yang ingin menyaksikan sebuah partai. Akan berbeda suasana dan atmosfernya jika kita menonton pertandingan langsung di stadion daripada menyaksikannya di rumah. Ini jelas karena kita melihat langsung pemain-pemain idola kita beraksi diatas rumput hijau. Juga karena kemeriahan yang tersaji dari tribun penonton. Dewasa ini, stadion sedang mengalami modernisasi terus-menerus. Dari perbaikan kualitas lapangan hingga peningkatan kenyamanan menonton untuk orang-orang yang datang.

5. Penonton

Tartan Army selalu setia mendukung timnas Skotlandia
Tanpa kehadiran langsung mereka di stadion, pertandingan tersebut bagaikan sayur tanpa garam, ataupun nasi tanpa lauk. Sebuah partai, walaupun panas di dalam lapangan, tetap terasa hambar jika tanpa penonton. Mereka selalu menghidupkan atmosfer di dalam stadion. Teriakan, tepuk tangan, atau bahkan cemoohan mereka menjadi warna tersendiri dalam sepakbola. Menurut saya, penonton dapat dibagi 2, yaitu penonton biasa dan suporter. Penonton biasa adalah mereka yang melihat sebuah partai sepakbola tidak lebih sebagai hiburan dan tak mendukung siapapun di dalamnya atau netral. Sementara suporter adalah mereka yang sengaja menonton sebuah partai untuk mendukung tim pujaannya, seperti terlihat pada gambar diatas...
6. Bola
Jabulani, bola yang digunakan di Piala Dunia 2010
Jangan sampai Anda melupakan yang satu ini. Ngapain menggelar pertandingan kalo gak ada benda bulat ini, hehehe. Bola, alat yang paling vital dalam permainan sepakbola ini semakin lama semakin mengalami perkembangan dari masa ke masa. Si kulit bundar terus didesain agar lebih sempurna. Salah satu yang terbaru adalah bola yang ditampilkan diatas tadi. Jabulani didesain agar menjadi bola yang lebih bulat. Tetapi, bola tersebut malah susah untuk dikendalikan. Jabulani-pun menerima banyak kritik dari para pemain.
Sebuah partai akbar, Final Liga Champions 2005, AC Milan vs Liverpool
Keenam unsur diatas adalah hal yang paling penting dalam sepakbola. Sulit dibayangkan kalau pertandingan besar di sepakbola digelar tanpa ada salah satu diantara hal-hal diatas tadi (terutama yang nomor 6 hehehe).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar