Kamis, 08 Desember 2011

4 Jurus Super Sederhana Untuk Meningkatkan Speed Komputer atau Laptop Anda


4 Cara Super Sederhana Untuk Meningkatkan Speed Komputer atau Laptaop Anda
Sebenarnya ada banyak cara untuk mendongkrak performansi komputer atau PC dan  laptop, tapi berhubung saya masih Belajar Komputer Dasar jadi saya akan menunjukkan 4 cara paling sederhana untuk meningkatkan speed atau kecepatan dari komputer atau laptop anda.
Apakah cara ini susah? kan udah dibilangin  kalo cara ini paling sederhana, jadi ya mudah lah dan saya yakin anda pasti bisa karena No Coding dan No Ribet :)
Ok lah kalo beg, beg, beg langsung aja lah :
1. Menghapus Shortcut Program yang G Penting
Cara ini terlihat simpel tapi terbukti efektif mempercepat waktu start up.
caranya : Silakan buka desktop anda, kalo udah coba lihat disitu ada berapa shortcut program? Jika jumlahnya sudah banyak dan terlihat berjubel, segera hapus yang tidak penting, tapi kalo semua penting gimana? yah terserah anda tapi saran saya di desktop itu maksimal ada 15 shortcut.
Misi pertama selesai, Apa cuma gitu aja? emang ngepek ya? sabar donk, makanya lanjutkan dulu bacanya :)
2. Uninstall Program-Program yang Tidak Penting
Nah ini nih, problem klasik.
Biasanya tuh orang bangga kalo komputernya terlihat banyak program yang di install, padahal yang diinstall tuh kebanyakan fungsinya sama misalkan software untuk pemutar musik:
winamp punya, audio box ada, juke box diinstall juga  padahal kesemuanya sama fungsinya, yaitu buat main MP3. Sebenarnya tanpa install software tambahan pun windows secara default sudah nyediain WMP (Windows Media Player) yang udah bisa mutar lagu walaupun standar tapi fiturnya juga lumayan lengkap.
Contoh kasus lain, karena sangat protectnya terhadap komputer maka di install lah 4 program Antivirus secara bersamaan, sampai bingung waktu mau updatenya, ujung-ujungnya malah g pernah di update semua, Sorry pengalaman pribadi :)
Caranya : Silakan buka Control Panel lalu pilih Add or Remove Program lalu uninstall semua program yang tidak penting.
Setelah anda melakukan cara 1, dan cara 2 biasanya PC atau laptop anda minta untuk di restart jadi anda ikuti aja apa keinginannya, habis itu perhatikan apakah sudah terasa lebih cepat setelah di restart semoga sih belum, tapi kalo udah kerasa ya alhamdulillah, karena masih ada dua cara lagi yang lebih dahsyat.
3. Melakukan Disk Cleanup untuk semua partisi hardisk komputer atau laptop anda.
Tujuan melakukan disk cleanup adalah untuk menghapus file-file sampah yang lama mengendap dalam komputer anda selama bertaun-tahun lamanya, apa? bertaun-taun padahal komputer saya kan baru satu bulan? g penting itu ikuti aja deh, g ada ruginya kok.
caranya: Klik kanan partisi yang akan di disk clean up lalu pilih properties lalu klik tombol Disk Cleanup, lalu lakukan di semua partisi hardisk komputer atau laptop anda.
4. Jurus pamungkas yaitu Disk Defragment
Tujuannya melakukan disk defragment adalah untuk merapikan kembali posisi file-file yang berantakan dalam hardisk komputer anda dan bila dilakukan secara rutin dan teratur akan meningkatkan performansi PC atau Laptop anda.
Caranya : Klik kanan partisi yang akan didefrag lalu pilih properties > pilih tab tool > lalu klik tombol defragment now.
Jika anda baru pertama kali ini melakukan defrag hardisk mungkin proses ini bisa sampai 2 jam atau lebih hanya untuk 1 partisi padahal anda perlu melakukannya di semua partisi komputer anda.
Jadi sabar ya :)
Dari penjelasan di atas mungkin ada yang masih bingung, daripada nanti anda membayangkan nya neko-neko silakan liat video tutorialnya,
di http://belajarkomputerdaninternet.com/4-cara-meningkatkan-speed-pc.html
Untuk melakukan maintenance porformansi komputer atau laptop anda, lakukan cara ke 3 dan cara ke 4 secara rutin minimal 1 minggu sekali
Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar