Rabu, 23 November 2011

Misteri Hilangnya Enigma



Postingan kali ini adalah sebuah ungkapan terdalam dari saya pribadi terhadap menghilangnya sosok seorang blogger yang selama ini sudah dikenal oleh hampir sebagian penduduk di Bumi. Siapa yang tidak mengenal Blog Misteri Enigma? Bagi kalian yang belum mengenalnya, mungkin hal ini biasa-biasa saja. Tapi tidak bagi saya. Blog Misteri Enigma, adalah blog yang pertama kali saya kenal sejak pertama kali saya mulai mempublikasikan blog Penghuni 60 ini. Itulah alasannya mengapa saya menempatkan posisi link Blog Misteri Enigma ini di urutan yang pertama.

Blog Misteri Enigma adalah blog yang mengulas tentang misteri-misteri yang terjadi di berbagai belahan dunia, misteri itu dijabarkan secara detail lalu akan diulas dan diungkap melalui berbagai sisi, sehingga akan didapat sebuah kesimpulan yang ternyata sanggup memecahkan misteri tersebut.

Tapi justru anehnya, sampai detik ini tidak ada seorang pun yang bisa mengungkap siapa sebenarnya sosok admin Enigma tersebut. Malah dalam beberapa bulan terakhir ini blognya ditinggal begitu saja oleh si empunya. Kemanakah perginya Bang Enigma?

Hampir disetiap postingannya tidak pernah terlewati untuk saya baca. Apalagi jika sudah membahas topik tentang kemunculan Crop Circle. Dan selalu saja mendapat banyak respon dari para pengomentar. Itu salah satu hal yang setidaknya telah memberi motivasi kepada saya tentang bagaimana caranya agar saya bisa seperti dia. Menghadirkan banyak pengomentar, tanpa perlu melakukan apapun, karena saya yakin, Bang Enigma ini jarang melakukan blogwalking, karena hampir disetiap buku tamu blog-blog yang saya kunjungi jarang saya temukan link Enigma.

Kembali kepada sosok misteriusnya. Entah kenapa admin Blog yang satu ini sama sekali tidak mengungkap identitas pribadinya, kalo kita lihat di profilnya, kita hanya akan menemukan gambar sebelah mata saja. Tapi tetap saja itu tidak mengungkap siapa sebenarnya dia.


Dari beberapa tulisan sobat Enigma yang pernah mengulas tentang dia, hanya tulisan dari Mbah Ware yang mungkin bisa memberi sedikit clue, ini dia tulisan pendapatnya:

“Menurut pendapat saya(Mbah Ware), Enigma berkulit kuning cerah...yang bisa diidentifikasikan bisa merujuk pada ras tertentu..mongoloid misalnya..atau etnis keturunan Cina..atau.....seseorang dengan mata sipit seperti itu bisa juga merujuk pada salah satu suku tertentu di Indonesia...yang menurut feeling saya adalah salah satu suku di daerah Kalimantan... Melihat dari kepintarannya menganalisa paling tidak dia seorang sarjana dengan pengetahuan yang lumayan...penggemar musik keras....pendiam ( kalau tidak mau dibilang kuper..) suka mengurung diri dikamar... berwatak sedikit keras....tertutup....seorang pekerja akuntan disalah satu perusahaan kurang ternama ( mengingat banyaknya waktu buat mencari bahan artikel, dan menyempatkan diri membaca komen yang masuk dipagi hari saat waktu kerja antara jam 9.00-10.00 ). Belum berkeluarga, hidup sorang diri di rumah kontrak atau kost atau juga bisa di apartment. “

Nah, pendapatnya itu mendapat balasan langsung dari Enigma sendiri:

“ada beberapa yang bisa saya komentari. Pertama, orang yang memiliki tampang seperti ras mongoloid (diluar org tionghoa) bukan cuma suku dayak di kalimantan. Orang Nias, palembang dan Manado juga memiliki wajah putih seperti orang tionghoa.

Lalu, soal Penggemar musik keras. Saya bingung soal yang satu ini, apa yang membuat mbah menyimpulkannya demikian?

Nah, soal perusahaan kurang ternama. Ini memang asumsi yang biasa terjadi. Tapi, sebenarnya malah sebaliknya. Perusahaan yang ternama memiliki sistem yang lebih bagus. Artinya, segala sesuatu serba teratur dan karyawan akan terhindar dari pekerjaan-pekerjaan yang tidak berarti. Jadi, asumsi itu bisa jadi tidak benar.

Lalu, kalau saya punya banyak waktu. Bisa saja lho karena saya nggak suka dugem, FB dan maen game online. Kan kata mbah saya suka mengurung diri di kamar. Jadi, pastinya saya punya banyak waktu untuk menulis. wkwkwkwkwkwkwkwk

Soal membaca komen. Nih, saya kasih tahu rahasianya, saya pake HP untuk membaca dan mengapprove komen. Dan itu cuma butuh waktu 3 menit. Hahaha”

Dari dua percakapan diatas sudah bisa disimpulkan bahwa:
1. Bang Enigma bukan penggemar musik keras.
2. Kemungkinan Bang Enigma itu orang Nias, Palembang atau Manado.
3. Kemungkinan bekerja di perusahaan yang ternama
4. Kemungkinan juga termasuk orang berposisi penting, sehingga dia mengapprove komennya cukup pake HP saja.

Setidaknya itu memberi sedikit gambaran, meskipun masih sangat jauh kurang.

Sekarang kembali ke topik awal, jika dilihat dari tanggal postingannya yang terakhir, maka sudah 3 bulan lebih Bang Enigma tidak melakukan update. Ini hal yang sangat tidak biasa untuknya. Bahkan dia sama sekali tidak membalas komentar-komentar yang masuk. Lihat saja di situ, komentarnya sudah hampir mencapai 500, wow, blog mana coba yang bisa menghasilkan komentar sebanyak itu?


Mulai dari komentar kehilangan, bahkan sampai celoteh liar pun mulai keluar dari para pembaca. Ada yang bilang Bang Enigma itu sudah kehabisan ide-lah, sakit-lah, ini-itulah, bahkan ada juga yang bilang kalo Bang Enigma itu sudah meninggal. Mana yang benar? Padahal setiap komentar yang masuk itu kan butuh diapprove, kalo Bang Enigma meninggal, lalu siapa yang mengapprovenya? Makin misterius saja.

Tapi yang lebih misterius lagi, blog Mbah Ware dan Blog Enigma sama-sama gak aktif lagi. Aneh kan? Adakah keterkaitan di antara mereka berdua?

Yang jelas, ada sebaris kalimat yang baru kali ini menarik perhatian saya. Yaitu sebaris kalimat yang ada di bagian bawah Blog Enigma:

"If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now...."

Sebenarnya antara yakin dan tidak yakin, kalimat yang bagian belakang itu sepertinya baru ditambahkan. Karena yang saya ingat adalah deretan kalimat diawalnya saja. Sejak pertama kali saya mengenal Blog Enigma baru kali ini saya sadar, mungkinkah kalimat ini sengaja ditulis sejak awal sekaligus sebagai pesan terakhir dari si penulis?


Kalo memang benar begitu adanya, semoga cahaya itu akan selalu menerangi setiap jalanmu sobat.
I Miss U Enigma...



Pesan dari Farhan-Knowledge™ untuk semua Blogger:
“Mulailah menulis sebuah surat wasiat tentang blog yang kamu punya, akun-akun blog yang kamu punya, beserta passwordnya, email-email yang kamu miliki beserta passwordnya, lalu wasiatkan kepada saudara atau teman terdekatmu, atau kamu save di sebuah rekaman video, kaset atau apapun. Ingatlah bahwa Kita tidak pernah tahu kapan, bagaimana dan dimana mengakhiri Hidup ini.”

Jika memang benar kenyataannya Bang Enigma sudah tiada, lalu semua password akun-akun blognya itu sama sekali gak ada yang tahu. Bagaimana jika itu terjadi pada Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar