Rabu, 23 November 2011

Kota Famagusta


Famagusta merupakan sebuah kota yang terletak di bagian utara Cyprus dan Republik Turki Cyprus Utara. Kota ini merupakan ibu kota DistrikFamagusta. Penduduknya berjumlah 35.403 jiwa (2003). Kota ini biasanya dipanggil dengan nama Arsinoe.

Famagusta di Cyprus Utara adalah sebuah kotayang memiliki tembok indah diabad pertengahan dengan arsitektur untuk menyaingi yang terbaik di Eropa Timur. Famagusta masih sangat banyak kota yang bekerja, dijaga oleh ratusan generasi Cyprusyang telah tinggal dan bekerja di sini.

Usia yang tepat dari kota kuno ini tidak pasti, meskipun beberapa sejarawan percaya bahwa Famagustadidirikan pada tahun 285 SM oleh raja Mesir Ptolemy. Secara pasti permukiman di daerah banyak lebih awal ada dari pada Fatamagusta, termasuk penyelesaian Bronze Age of Enkomi. Memang, kota pada abad pertengahan berdinding Famagusta mungkin telah dibangun di situs kota kuno Arsinoe. Tentu saja,Famagusta berkat manfaat dari kehancuran kota makmur dekat Salamis, ketika warga mungkin dipindahkan dari Romawi yang telah hancur ke Famagusta.

Famagusta berubah secara dramatis di 1291, ketika para pedagang melarikan diri dari Saracen di Palestina. Mereka datang keFamagusta, di mana mereka bisa perdagangan diantara barat dan timur. Pada 1300 Masehi, Famagusta adalah pelabuhan perdagangan utama di Mediterania timur, dan sebuah kota terkenal dengan kekayaan dan ekses. Dikatakan bahwa di Famagusta, putri saudagar memakai perhiasan berlebih dari raja-raja di penobatan mereka. Ini juga merupakan pusat untuk beberapa perintah agama lain, sebagai Cyprus post pementasan penting bagi Tentara Salib menuju ke Tanah Suci. Mengesankan gereja masih dikota hari ini, dilingduni oleh dinding kota. Dinding ini diperkuat oleh raja-raja yang berkuasa Lusignan pada abad ketiga belas, dan itu raja ini yang juga membangun gereja yang paling mengesankan dari semua, Katedral St Nicholas.

Pada 1372, persaingan antara pedagang Genoa dan pedagang Venesia di Famagusta yang menyebabkan masalah. Ketika pertempuran pecah atas insiden pada penobatan Raja Peter II, beberapa orang Genoa kehilangan kehidupan dan harta mereka. Sebagai balasannya, mereka menduduki bagian Genoa dari Cyprus dan Famagusta, memaksa keluar para pedagang untuk Nicosiadi dekatnya. Para penduduk Genoa diusir keluar pada 1464, tetapi pengerusakan perdagangan telah dilakukan.

Pada 1489, orang Venesia memindahkan ibu kota mereka dari Nicosia ke Famagusta, dan mereka juga memulai program besar-besaran, yaitu memperbaiki tembok pertahanan kota, dengan menambahkan menara dan meriam.


tindakan mereka dibenarkan ketika angkatan laut Utsmani tiba di Cyprus Utara pada 1570 dan mengepung Famagusta. Lala Mustafa Pasha mencoba untuk mengambil kota itu pada bulan Oktober 1570, tetapi ternyata benteng terlalu kuat untuk ditembus, dan memutuskan untuk duduk di luar musim dingin di camp di dekat Pomodamo. pasukan tambahan tiba di bulan April 1571, dan pengepungan dimulai dengan terorganisir. Pada bulan Mei, Turki berhasil menggali bawah menara gudang peluru, tapi plot ditemukan. Para pembela Famagusta mengambil mesiu ditakdirkan untuk meledakkan menara bagi diri mereka sendiri, dan benar-benar menembak kembali di Turki!

Namun, pada bulan Agustus warga telah kehabisan makanan, amunisi, dan laki-laki untuk melawan penjajah. Pada tanggal 1 Agustus 1571, kota ini menyerah kepada penjajah Ottoman. Pada akhir 1571, seluruh Siprus telah jatuh di bawah pemerintahan Ottoman.

Di bawah kekuasaan Ottoman, Famagusta semua tapi terdiam, bangunan dalam tembok terlantar dan kota yang digunakan sebagai rumah pengasingan bagi tahanan politik Utsmani. Kristen tidak diijinkan untuk tinggal di dalam tembok kota, jadi mereka mendirikan sebuah kota di dekatnya sebagai gantinya, Varosha.
Famagusta selama 1974.

Famagusta sempat terpuruk oleh peristiwa 1974. Selama 1960-an dan 1970-an, pantai indah diFamagusta itu telah berkembang menjadi tempat bermain untuk orang kaya dan terkenal, tercermin dalam hotel resor modern yang berjajar pantai. Namun, dinding lama Famagusta adalah untuk memainkan peran penting sekali lagi selama bulan Juli dan Agustus 1974. Penduduk desa Turki Cyprus melarikan diri dari desa-desa sekitarnya dan pergi mengungsi di dalam tembok kota kuno, serta memasuki area Kaleici kuno melalui terowongan bawah tanah. Kota tua itu akhirnya dibuka oleh pasukan Turki pada tanggal 15 Agustus, hanya setelah Cyprus Yunani telah meninggalkan kubu mereka Varosha.

Setelah 1974, kota Famagusta berada di sebelah utara dari zona penyangga PBB, dan perdagangan wisata meninggalkan pergi. Zona penyangga PBB masih terletak tepat di sebelah selatan kota, dan seluruh Famagusta bisa saja mengalami nasib yang sama seperti Varosha, sebuah kota hantu terjebak di zona penyangga. Namun, semangat Cyprus Turki menang, dan Famagusta hanya membersihkan dengan sendirinya dan mulai membangun kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar