Kamis, 18 Agustus 2011

Intermezzo - Laba Laba Raksasa Memangsa Seekor Burung

Laba-laba? mungkin tidaklah terdengar asing ditelinga kita, namun apabila laba-laba memangsa seekor burung, bukankah itu hal yang aneh?





Sebenarnya saya tidak ingin memposting berita yang satu ini, sebab saya sama sekali tidak menyukai laba-laba. akan tetapi karena akhir-akhir ini saya tidak mendapat berita misteri yang menarik, akhirnya saya putuskan untuk menerbitkan berita yang satu ini.

Foto ini diambil tepatnya di daerah Atheron, dekat hutan tropis Queensland, Australia. foto ini jelas-jelas menunjukkan seekor laba-laba jenis Golden Orb Weaver yang sedang memakan seekor burung. Joel Shakespeare, kepala pengawas laba-laba yang bekerja di Australian Reptile Park menyatakan bahwa laba-laba jenis Golden Orb Weaver biasanya memangsa serangga-serangga besar, tetapi dalam hal memangsa seekor burung, hal ini sangat jarang terjadi.

Joel berkata: "seekor laba-laba jenis Golden Orb Weaver dapat bertumbuh hingga sebesar telapak tangan manusia, tetapi spesies yang sama di daerah utara dapat tumbuh lebih besar lagi".

Dia juga menambahkan: Burung itu pasti terbang ke arah sarang laba-laba tersebut dan terjerat di sana, dan tentunya laba-laba itu akan menyantapnya sampai habis. Laba-laba itu akan menggunakan racunnya untuk melunakkan dagingnya dan apa yang tersisa hanyalah 'bungkusnya'.


Menurut pihak museum Queensland, burung tersebut adalah jenis Chestnut-breasted Mannikin. ”Memang diketahui secara umum, laba-laba jenis Golden Orb Weaver ini menangkap burung berukuran kecil, tetapi hal ini sangatlah jarang terjadi. Laba-laba ini membangun sarang yang sangat kuat, tetapi dia tidak akan menggigit dan menyerang burung itu hingga burung itu lemah kehabisan tenaga".


Laba-laba jenis ini membangun sarang yang sangat kuat dengan kandungan protein yang tinggi, karena sangat bergantung pada serangga-serangga besar sebagai makanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar